Nurcholish Madjid

Komitmen rakyat nasional yang kita maksudkan ialah komitmen bangsa kita sejak dari semula untuk mendirikan negara bangsa yang modern. Negara bangsa yang modern ialah negara bangsa yang berkeadilan, yang terbuka dan demokratis. Berkeadilan mengandung makna paham kesamaan antar manusia, tidak ada perbedaan di atara warga negara berdasarkan alasan apa pun juga. Nondiskriminasi adalah perasaratan bagi adanya keadilan. Oleh karena itu, keadilan memerlukan sikap egalitarianisme yang memandang semua orang sama, semua potensinya sama, dan harus dikembangkan sikap saling percaya antara para anggota masyarakat. Itu berarti bahwa masyarakat yang adil adalah masyarakat yang terbuka, yang toleran, yang tidak mengizinkan adanya pemaksaan suatu pendapat kepada kelompok yang lain. Keterbukaan ini, menjadi syarat dari adanya demokrasi, karena demokrasi adalah masyarakat yang terbuka, yang intinya ialah kebebasan untuk menyatakan pendapat baik pada level pribadi maupun level isntitusional. Dengan kebebasan itu, kita bisa mendorong produksi atau produktifitas yang lebih tinggi pada masyarakat, karena adanya kebebasan ambil inisiatif.Kita bersyukur bahwa demokrasi di negeri kita sudah berhasil diletakkan dasar-dasarnya dan sekarang ini sudah mulai menunjukkan hasil-hasilnya atau kinerjanya, meskipun dengan sendirinya masih ada akses-akses yang tidak bisa dihindari. Masyarakat yang adil dan terbuka atau demokratis adalah masyarakat yang egalitarian, dan karena itu juga mengandung makna bahwa masyarakat itu toleran satu sama lain, mengandung semangat pluralisme bahwa kita mengakui adanya perbeda di antara masyarakat tapi perbedaan itu secara positif. Perbedaan harus dijadikan modal untuk saling berlomba menuju kepada berbagai kebajikan. Maka perbedaan tidak perlu menghapuskan perbedaan, menghapuskan kebersamaan, tapi perbedaan harus ditanggapi secara positif sebagai modal bersama dalam bermasyarakat.

Selanjutnya, untuk masa depan kita menghadapi tantangan bagaimana menumbuhkan kesadaran berbeda tetapi tidak memaksakan diri sendiri kepada orang lain. Ini adalah program jangka panjang  maupun jangka pendek, sebab dalam jangka pendek kita tidak boleh membiarkan diri kita terjerat oleh adanya aksi-aksi yang kurang toleran terhadap yang lain. Sebaiknya, dalam jangka panjang, tentu kita menghendaki pertumbuhan demokrasi yang sehar, yang itu adalah kelanjutan dari paham toleransi dan kebebasan, serta kemerdekaan berpikir.

Kita optimis tentang masa depan ini, karena generasi muda tumbuh dengan cukup sehat. Banyak generasi muda yang lebih mulai serius di dalam komitmennya kepada pembangunan bangsa, terutama di kalangan pemuda yang terpelajar. Oleh karena itu dikalangan para pemuda ini harus ditumbuhkan dengan komitmen yang sama, yaitu kominten nasional. Terus selalu disadarkan bahwa, mereka bertugas atau berkewajiban membangun bangsa, sebagai negara bangsa yang modern, yang berkeadilan, yang terbuka, dan demokratis.

VIDEO: PIDATO TERAKHIR NURCHOLISH MADJID