Penampakan Gerhana Bulan

Apakah Anda memiliki kesempatan menyaksikan fenomena alam nan indah hari Sabtu, 10 Desember 2011 kemarin? Gerhana bulan total terakhir di tahun ini menampilkan penampakan bulan yang lebih besar dengan pendar warna semerah darah.

Tampak di berbagai penjuru dunia, gerhana bulan total (total lunar eclipse) ini terjadi saat Bumi melintas tepat di antara Matahari dan Bulan dan membuatnya tertutup sama sekali oleh bayangan. 

Penampakan bulan yang lebih besar terjadi akibat ilusi bulan. Sementara warna merah muncul karena lapisan udara berdebu yang mengelilingi Bumi menyebabkan memantulnya sinar matahari. “Ia memenuhi kegelapan di balik Bumi dengan warna tersebut,” ucap ilmuwan NASA, seperti dikutip dari Space.

Tergantung lokasi atau kondisi atmosfer saat gerhana bulan tersebut, Anda dapat melihat bulan menjadi berwarna mulai dari oranye sampai merah darah.

Diperkirakan, fenomena total lunar eclipse ini baru akan terjadi lagi pada April 2014 mendatang.

Berikut foto-foto gerhana bulan terakhir tahun 2011 ini, dilihat dari berbagai penjuru kota di dunia:

Gerhana bulan total terakhir tahun ini terlihat di berbagai penjuru dunia. Gerhana bulan total (total lunar eclipse) terjadi saat Bumi melintas tepat di antara Matahari dan Bulan sehingga membuatnya tertutup sama sekali oleh bayangan. Dalam fenomena tersebut, bulan tampak menjadi lebih besar dan berubah warna menjadi semerah darah. (Foto: REUTERS)

Sumber

Proses gerhana bulan tampak di balik rimbun dedaunan di pusat kota Seoul, Korea Selatan, Sabtu (10/12/2011)

Bayangan bumi tampak menutupi sebagian wajah bulan di atas kerlip lampu sebuah bangunan kuno di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina, Minggu (11/12/2011)

Bayangan bumi tampak menutupi sebagian wajah bulan saat proses gerhana bulan total di atas Menara Bank of China Hong Kong, Cina, Sabtu (10/12/2011)

12 gambar menunjukkan penampakan bulan saat gerhana bulan total di langit Hefei, provinsi Anhui, Cina, Sabtu (10/12/2011)

Bayangan bumi tampak menutupi sebagian wajah bulan saat gerhana bulan total di atas Menara Daud di kota Yerusalem, Sabtu (10/12/2011)

Bulan mulai tertutup bayangan bumi saat gerhana bulan total di atas Sydney Harbour Bridge, Australia, Minggu (11/12/2011)

Bayangan bumi tampak menutupi sebagian wajah bulan saat proses gerhana bulan total di atas Museum Amar Mahal, Jammu, India, Sabtu (10/12/2011)

Gerhana bulan terlihat di atas sebuah pohon Natal di kota Seoul, Korea Selatan, Sabtu (10/12/2011)

Bulan terlihat dari salah satu landmark Malaysia, Seri Wawasan Bridge, di Putrajaya, Malaysia, Sabtu (10/12/2011)

Bulan sewarna merah darah terlihat di atas Danau Pend Oreille, dekat Sandpoint, Idaho, Amerika Serikat, Sabtu (10/12/2011)

Bayangan bumi tampak menutupi sebagian wajah bulan saat proses gerhana bulan total di atas Sydney Harbour Bridge, Australia, Minggu (11/12/2011)